Jumat, 25 Maret 2016

Akibat Kerja Part Time, WS Dipenjara

Persidangan lanjutan WNI atas nama Terdakwa WS (43 tahun) dengan nomor kasus STCC 769/2016  telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2016 bertempat di Sha Tin Court.
Bahwa Terdakwa WS datang pertama kali ke Hong Kong untuk bekerja sebagai Domestic Helper pada tanggal 14 November 2015 dengan kontrak kerja nomor K 396597. Selanjutnya pada tanggal 1 Maret 2016 petugas Imigrasi Hong Kong mengadakan operasi di daerah Sai Wan dan mendapatkan Terdakwa sedang bekerja di sebuah laundry  dimana petugas Imigrasi Hong Kong kemudian meminta Terdakwa untuk menunjukkan Hong Kong ID-nya sehingga diketahui bahwa Terdakwa adalah seorang Domestic Helper. Karena dianggap telah melakukan pelanggaran, maka Terdakwa kemudian ditangkap oleh petugas Imigrasi Hong Kong dan dilakukan wawancara pada tanggal 1 dan 2 Maret 2016 dimana Terdakwa terus terang mengakui bahwa pada hari libur yang bersangkutan bekerja di laundry dengan upah sebesar HKD 200. Berdasarkan hasil persidangan hari ini, Terdakwa dituduh telah melanggar peraturan keimigrasian yang seharusnya hanya bekerja sebagai domestic helper namun Terdakwa juga bekerja di sebuah tempat laundry.
Dalam persidangannya tersebut, Terdakwa WS telah mengakui tuduhan tersebut sehingga Hakim selanjutnya langsung menjatuhkan hukuman penjara kepada Terdakwa selama 3 (tiga) bulan, namun karena Terdakwa telah mengakui dan tidak mempersulit jalannya persidangan, maka Hakim memberikan potongan 1/3 sehingga hukuman yang harus dijalaninya hanya 2 (dua) bulan.