Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 04 Maret 2016

Say No To Drugs

SAY NO TO DRUGS adalah kata kiasan yang sering kita dengar ataupun kata – kata yang sering kita lihat di tempat umum, kata tersebut keluar karena semua akan peduli dengan generasi penerus bangsa yang akan menjalani masa kedepannya. Kata “SAY NO TO DRUGS” tersebut bukan saja menyinggung para pencadu narkotika tetapi kata “SAY NO TO DRUGS” juga menyinggung bagi pecandu rokok maupun di tempat umum ataupun di dalam ruang bebas rokok.
Kenapa juga harus menyinggung para pencadu rokok juga ?? karena di dalam rokok tersebut ada trekandung zat kimia NIKOTIN dan TAR, biar pun zat kimia tersebut hanya di kasih sedikit di dalam rokok tapi kalau kita terus merokok dengan 1 hari itu kita menghabiskan 3 – 4 bungkus pastinya zat kimia tersebut akan mengumpul dan memberi kencanduan kepada kita untuk merokok.
Di indonesia sendiri sebagian besar masyarakatnya adalah pecandu rokok dan di sebut juga sebagai pembuat asap terbanyak, maka dari itu keluar kata kiasan “SAY NO TO DRUGS” tapi kata yang sangat bijak dan penuh makna ini di hiraukan saja oleh para sebagian kalangan remaja  di indonesia kalau saja setiap kalangan remaja indonesia bisa mencermati kata “SAY NO TO DRUGS” ini yakinlah pada tahun ke depannya indonesia tidak lagi disebut dengan pembuat asap terbanyak.
Seperti kita artikan kata tersebut ke dalam bahasa indonesia yaitu “KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA” maka dari itu bukan hanya rokok saja yang di singgung tapi juga narkotika, di indonesia sendiri kata NARKOTIKA  ini sudah sangat menjadi populer dan sangat di perbincangkan. Sebenarnya bahan – bahan NARKOTIKA itu adalah obat – obatan untuk kekebalan tubuh yang takaran dosisnya di ukur, tapi sayang obat – obatan itu salah di pergunakan oleh masyarakat indonesia yang khususnya pada sebagian kalangan remaja di indonesia dengan menambahkan dosis yang telah di takar oleh dokter.
Maka dari itu nama NARKOTIKA sangat di perbincangkan di indonesia karena obat – obatan NARKOTIKA itu bisa membuat orang kecanduan dan bisa juga membuat orang meninggal dunia. Jenis – jenis obat – obatan NARKOTIKA yang sering di gunakan di indonesia adalah : ganja, heroin, shabu – shabu, pil ekstasi, DLL.

TIPS – TIPS MENGHINDARI KENCANDUAN OBAT – OBATAN NARKOTIKA

  1. Dekatkan diri dengan Tuhan, perbanyaklah beribadah ( sesuai dengan agama masing-masing ).
  2. Niatkan dalam hati, bahwa diri kita tidak akan mendekati, menyentuh, apalagi memakai narkoba… walau apapun yang terjadi. 
  3. Saling berbagi dengan anggota keluarga, dalam arti kita harus memperbanyak komunikasi dengan anggota keluarga, terutama dengan kedua orang tua . Bila kita mempunyai masalah yang rumit dan tidak bisa kita atasi sendiri, sebisa mungkin ceritakan dengan anggota keluarga kita, setap masalah pasti ada jalan keluarnya. 
  4. Sedapat mungkin kita berteman dengan orang-orang yang berpikiran positif dan maju, auara serta pengaruh orang-orang seperti ini sangat bagus untuk perkembangan diri dan pola pikir kita. Bukan berarti kita berteman pilih-pilih, tetapi ibarat kata orang bijak, “Kalau ada jalan yang bagus, mengapa harus kita pilih jalan yang rusak dan penuh lubang”. Bagi yang sudah terlanjur menjadi pecandu narkoba dan punya keinginan untuk berhenti, obat yang paling mujarab selain menjalani terapi detoksinasi adalah niat serta kemauan yang kuat dari dalam diri sendiri bahwasanya kita ingin berhenti dan sembuh dari ketergantungan narkoba.
Jadi katakan tidak pada narkoba adalah kata-kata yang sangat inspiratif dan selalumengingatkan kita agar teteap waspada, dan menjaga diri dan keluarga kita dari bahaya narkoba.
 
Sumber: Dunia Remaja
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong