Jumat, 15 April 2016

Karena Overstay, Seorang WNI Dijatuhi Hukuman Percobaan



Persidangan kasus pelanggaran peraturan keimigrasian yang melibatkan WNI berinisial NH (47 tahun) telah digelar pada hari Kamis tanggal 14 April 2016 bertempat di Shatin Court.
Terdakwa NH  datang ke Hong Kong sejak tahun 2010 untuk bekerja sebagai Domestic Helper dan telah beberapa kali berganti majikan serta agen di Hong Kong. Terdakwa NH  break kontrak dan keluar dari majikannya yang terakhir pada tanggal 22 November 2015. Terdakwa NH  kemudian mendaftarkan diri melalui Agen Jen (sub agen di Tsuen Wan) dan membawa majikan sendiri untuk diproses melalui agen tersebut. Namun Terdakwa NH masih tetap tinggal di Hong Kong sampai dengan yang bersangkutan ditangkap pada tanggal 22 Februari 2016 saat hendak pergi ke Macau untuk menunggu visa dikarenakan saat diperiksa ternyata yang bersangkutan telah overstay selama 2,5 bulan sehingga kemudian dibawa ke Imigrasi Kowloon Bay untuk dilakukan pemeriksaan.
Pada persidangan hari ini telah dibacakan dakwaan terhadap Terdakwa NH bahwa yang bersangkutan telah melanggar peraturan Keimigrasian di Hong Kong karena telah overstay selama 2,5 bulan. Terdakwa NH  kemudian mengakui kesalahannya sehingga Hakim memutuskan untuk menjatuhkan hukuman kepada yang bersangkutan berupa hukuman penjara selama  1 bulan dengan masa percobaan  3 tahun.
Dengan hukuman tersebut maka Terdakwa NH  tidak perlu menjalani hukuman penjara selama 1 bulan dengan syarat yang bersangkutan tidak boleh melakukan pelanggaran hukum lagi selama 3 tahun. Apabila Terdakwa NH  melakukan pelanggaran hukum lagi sebelum 3 tahun, maka yang bersangkutan harus menjalani hukuman penjara selama 1 bulan ditambah dengan hukuman untuk pelanggaran yang baru dilakukan dan Terdakwa NH  diwajibkan untuk melapor ke Kantor Imigrasi Kowloon Bay pada tanggal 26 April 2016.