Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 22 April 2016

SNM Akhirnya Divonis 10 Bulan Penjara

Persidangan lanjutan WNI atas Terdakwa SNM dengan nomor kasus DCCC 138/2016  telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 22 April 2016 bertempat di District Court.
Terdakwa SNM didakwa telah melakukan pencurian dan penipuan kartu kredit Visa Card milik majikannya serta melakukan transaksi berulang kali dalam satu hari dengan jumlah total keseluruhan sebesar HKD 967,80 (sembilan ratus enam puluh tujuh delapan puluh sen Hong Kong dollar).
Dalam pertimbangannya, Hakim menjabarkan hal-hal yang meringankan Terdakwa yang diantaranya adalah:
Terdakwa SNM tidak memiliki catatan kriminal selama berada di Hong Kong;
Terdakwa SNM bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terdakwa SNM memiliki 3 (tiga) orang anak yang tinggal di Indonesia, sementara suami Terdakwa SNM telah meninggal dunia pada tahun 2009;
Ayah dari Terdakwa SNM (86 tahun) mengalami stroke;
Terdakwa SNM telah menyelesaikan kontrak dengan baik dan tanpa cacat ;
Terdakwa SNM telah memiliki pengalaman yang cukup sebagai Domestice Helper, yakni Terdakwa SNM pernah bekerja di Malaysia, Singapura dan terakhir di Hong Kong;
Terkait dengan hal tersebut, Hakim juga memberikan pertimbangan yang memberatkan Terdakwa SNM, yaitu perbuatan Terdakwa SNM memiliki implikasi yakni menurunnya tingkat kepercayaan majikan atas Terdakwa SNM, sementara Terdakwa SNM masih tinggal dengan majikannya.
Dengan mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan tersebut, Hakim kemudian memutuskan bahwa Terdakwa SNM bersalah dan oleh karenanya menjatuhkan pidana penjara kepada yang bersangkutan selama 10 (sepuluh) bulan.
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong