Jumat, 15 April 2016

WNI Ditangkap karena Overstay

Pada hari Kamis tanggal 14 April 2016 bertempat di Sha Tin Court telah dilaksanakan persidangan WNI atas Terdakwa berinisial PM (48 tahun) nomor kasus STCC 1307/2015. Pada persidangannya telah dibacakan dakwaan bahwa Terdakwa PM  didakwa telah melakukan pelanggaran keimigrasian yaitu telah overstay (melewati batas izin tinggal) selama 5,5 bulan dimana kontrak kerjanya seharusnya berakhir pada tanggal 16 Oktober 2015, tetapi Terdakwa masih terus bekerja di rumah majikan sampai hari ditangkapnya tanpa melakukan perpanjangan kontrak kerja.
Disamping itu PM  juga didakwa telah melakukan pelanggaran keimigrasian dimana Terdakwa hanya diperbolehkan untuk bekerja sebagai Domestic Helper tetapi Terdakwa telah bekerja di sebuah toko milik majikan di daerah Yuen Long.
Terungkap dipersidangan juga bahwa pada tanggal 12 April 2016 sekira pukul 07.40 pagi hari Terdakwa PM  ditangkap di daerah Yuen Long pada saat sedang membereskan barang-barang di toko milik majikannya.
Pada persidangan tersebut, Terdakwa PM  mengakui seluruh kesalahannya dan Hakim mengizinkan kepada yang bersangkutan untuk bail out dimana pihak Pengadilan meminta kepada KJRI untuk dapat kiranya memfasilitasi tempat tinggal (shelter) bagi Terdakwa PM  sebelum tanggal 18 April 2016. Selanjutnya Hakim memutuskan untuk menunda persidangan Terdakwa PM  tersebut sampai dengan tanggal 9 Mei 2016.