Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Selasa, 03 Mei 2016

KS Dituduh Memberikan Pernyataan Palsu kepada Pejabat Imigrasi Hong Kong

KJRI Hong Kong melakukan pendampingan terkait persidangan lanjutan Warga Negara Indonesia berinisial KS pada  hari Selasa tanggal 3 Mei 2016 yang bertempat di Pengadilan Shatin dengan nomor kasus STCC 631/2016 dengan tuduhan telah memberikan pernyataan palsu kepada Pejabat Imigrasi Hong Kong. Adapun kronologis perkara yang melibatkan KS  tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Terdakwa KS telah bekerja di Hong Kong sejak bulan Februari 2010 sampai dengan saat ini.
  2. Berdasarkan kontrak kerja yang ada seharusnya Terdakwa KS bekerja sebagai domestic helper dengan majikan yang tinggal di daerah Tsuen Wan. Namun pada kenyataannya sejak datang di Hong Kong yang bersangkutan justru disuruh oleh majikannya tersebut untuk bekerja pada sebuah toko Indonesia yang bernama “JUANA” di daerah Yuen Long yang merupakan  milik dari seorang teman dari majikannya tersebut.
  3. Meskipun Terdakwa KS berkerja tidak sesuai dengan kontrak kerja, pada awalnya tidak ada masalah apapun dan yang bersangkutan tetap menerima hak-haknya sebagaimana mestinya sampai akhirnya pada tanggal 18 Februari 2016 yang bersangkutan didatangi oleh 4 (empat) orang petugas CID Hong Kong yang kemudian melakukan interogasi hingga akhirnya menangkap Terdakwa KS dan kemudian melakukan penahanan di Tai Lam Centre for Women.
Hasil Persidangan tersebut Hakim menyatakan untuk persidangan Terdakwa KS ditunda sampai dengan tanggal 20 Mei 2016 untuk menunggu hasil persidangan dari majikannya yang juga diajukan ke pengadilan tanggal 13 Mei 2016. Apabila kesaksian Terdakwa KS nantinya akan membantu pengadilan dalam membuktikan kesalahan dari majikannya yang diajukan dalam persidangan terpisah, maka hal tersebut akan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan Hakim untuk memberikan keringanan hukuman bagi Terdakwa KS .


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong