Rabu, 08 Juni 2016

WA yang Overstay Diganjar 3 Bulan Penjara

Persidangan Warga Negara Indonesia atas Terdakwa WA (Subang, 2 Juli 1984), Paspor  AP 076118,   Nomor Kasus : STCC 2002/2016  telah dilaksanakan pada  hari Rabu tanggal 8 Juni 2016, bertempat di Shatin Court.
Pada persidangan tersebut Terdakwa WA diajukan ke persidangan dengan tuduhan telah melakukan pelanggaran keimigrasian di Hong Kong yaitu telah melewati batas ijin tinggal (overstay) selama  5 tahun.
Terdakwa datang pertama kali ke Hong Kong pada tanggal 12 November 2010 dan bekerja sebagai domestic helper selama  1 tahun sebelum akhirnya di-terminate oleh majikan. Setelah di-terminate oleh majikan Terdakwa WA tidak mendapatkan majikan baru sehingga menyebabkan Terdakwa WA menjadi overstay di Hong Kong selama 5 tahun. Karena Terdakwa WA berkeinginan untuk pulang ke tanah air maka Terdakwa WA datang menyerahkan diri ke kantor Imigrasi di Kowloon Bay. Kemudian Kantor Imigrasi Kowloon Bay meminta Terdakwa WA untuk menghadiri persidangan di Shatin pada tanggal 8 Juni 2016.
Pada persidangan tersebut Terdakwa WA mengakui kesalahannya bahwa Terdakwa WA telah melanggar peraturan ke imigrasian di Hong Kong, sehingga Hakim pada hari itu langsung memutuskan bahwa Terdakwa WA bersalah dan oleh karenanya menjatuhi hukuman kepada yang bersangkutan dengan pidana penjara selama 3 (tiga) bulan.