Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Kamis, 23 Juni 2016

BMI Korban Overcharging Mendapat Uang Ganti Rugi

Pada  hari Kamis tanggal 23 Juni 2016, bertempat di Pengadilan Eastern lantai 9 ruang sidang 9 telah dilaksanakan persidangan atas Terdakwa berinisial WMC dengan nomor kasus ESS 11685 terkait kasus overcharging yang menghadirkan Saksi Warga Negara Indonesia berinisial SU asal Blitar.
Bahwa Saksi SU datang ke Hong Kong sekitar 6 tahun yang lalu. Setelah finish dari majikan terakhir, yang bersangkutan dikenalkan oleh temannya pada seorang perempuan bernama Sheila yang membantu untuk mencarikan majikan baru. Adapun terkait dengan pengurusan semua kontrak dan administrasi dilakukan oleh Sdri. Sheila di kantor agen yang bernama Gold Union Employment Agency. Saksi SU menandatangani persetujuan bahwa yang bersangkutan harus membayar kepada Agen sebesar HKD 13.300 dan ditambah biaya lainnya sehingga keseluruhannya menjadi HKD 15.000 dimana kewajiban tersebut harus dibayarkan selama 5 bulan berturut-turut sehingga pembayaran setiap bulan sebesar HKD 3.000. Setelah bekerja 1 bulan pada majikan barunya tersebut , Saksi SU telah membayar sebesar HKD 3.000 melalui Seven Eleven yang disetorkan ke rekening seseorang di Hang Seng Bank.
Pada persidangan hari ini Hakim telah membacakan dakwaan terhadap Terdakwa WMC yaitu Terdakwa didakwa telah melanggar peraturan ketenagakerjaan yang seharusnya biaya yang dikenakan kepada SU adalah sebesar 10% dari gaji yang tertera pada perjanjian kontrak kerja atau sebesar HKD 411, tetapi Terdakwa telah meminta Saksi SU untuk membayar sebesar HKD 15.000.
Berkaitan dengan dakwaan tersebut, Terdakwa WMC telah mengakui dan menyatakan bersalah sehingga Hakim memutuskan bahwa Terdakwa WMC bersalah dan oleh karenanya menghukum Terdakwa untuk membayar denda sebesar HKD 9.000. Disamping itu Terdakwa WMC juga diwajibkan untuk mengembalikan kepada Saksi SU kelebihan pembayaran pertama yang telah disetorkan sebesar HKD 3.000 dikurangi HKD 411 yaitu HKD 2.589. Adapun pembayaran denda dan pengembalian kelebihan bayar dari Saksi SU tersebut harus diselesaikan oleh Terdakwa WMC dalam waktu 21 hari.


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong