Jumat, 24 Juni 2016

BMI Overstay Karena Majikan Akhirnya Dipulangkan

Pada  hari Jum’at tanggal 24 Juni 2016, bertempat di Shatin Court lantai 3 ruang sidang 2  telah dilaksanakan persidangan WNI atas Terdakwa berinisial MKM (Indramayu,  15 Juli 1980) dengan nomor kasus STCC 184/2016 dengan tuduhan telah melakukan pelanggaran keimigrasian di  Hong Kong.
Bahwa Terdakwa MKM pertama kali datang untuk  bekerja di Hong Kong pada tanggal 13 Nopember 2014. Berdasarkan kontrak kerja yang ada seharusnya Terdakwa MKM bekerja sebagai domestic helper yang tinggal di daerah Mongkok.
Pada tanggal 18 Nopember 2015 majikan  telah memutus kontrak secara sepihak dan Terdakwa MKM dibawa ke sebuah agen baru oleh majikannya, dan pada tanggal 15 Desember 2015 pada saat Terdakwa  MKM hendak meninggalkan Hong Kong untuk kembali ke tanah air, Terdakwa MKM ditangkap oleh polisi di bandara Hong Kong dengan alasan bahwa Terdakwa MKM  telah overstay di Hong Kong selama 13 hari.
Pada persidangan sebelumnya Terdakwa MKM  tidak mengakui kesalahannya bahwa Terdakwa telah overstay dikarenakan majikannya yang telah menelantarkan Terdakwa di agen barunya dan sejak diterminate majikan Terdakwa ditampung di agen barunya di daerah Yuen Long. Menurut Terdakwa MKM  selama bekerja satu tahun dengan majikan, majikan Terdakwa telah berpindah rumah sebanyak 5 kali.
Hasil Persidangan pada hari ini, Terdakwa MKM mengakui bersalah sehingga Hakim kemudian menjatuhkan hukuman kepada yang bersangkutan dengan pidana penjara selama 7 hari dengan masa percobaan 1 tahun sehingga Terdakwa tidak perlu menjalani hukuman penjara tersebut sepanjang yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran hukum lagi di Hong Kong dalam jangka waktu 1 tahun. Selanjutnya Terdakwa MKM juga di wajibkan melapor kembali ke Imigrasi Kowloon Bay pada hari Senin 27 Juni 2016 untuk mengambil dokumennya dengan syarat harus membawa tiket pulang ke tanah air.