Jumat, 03 Juni 2016

Hakim Memberi Keringanan Hukuman bagi DM

Persidangan  WNI atas nama Terdakwa DM  telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 Juni 2016 bertempat di Pengadilan Shatin.
Pada persidangan tersebut telah dibacakan 4 dakwaan terhadap Terdakwa DM yaitu :

  1. Terdakwa pada tanggal 15 Mei 2006  telah melanggar peraturan keimigrasian di Hong Kong yaitu telah menggunakan doumen yang palsu yang bernomor AE 940616.
  2. Terdakwa pada tanggal 15 Mei 2006 telah memberikan pernyataan yang tidak benar terhadap petugas imigrasi di Hong Kong dengan menyatakan bahwa nama Nur Aini dengan tanggal lahir 16 Agustus 1974 adalah benar dirinya.
  3. Terdakwa pada tanggal 22 Februari 2015 telah menggunakan dokumen perjalanan dengan data yang berbeda dengan data yang terdahulu yang bernomorkan  AE 244130.
  4. Terdakwa pada tanggal 22 Februari 2015 telah memberikan pernyataan yang tidak benar terhadap petugas imigrasi di Hong Kong dengan menyatakan bahwa Nur Aini dengan tanggal lahir 16 Agustus 1974 adalah benar dirinya.

Disamping itu pada persidangannya Terdakwa DM yang sebelumnya menyatakan tidak bersalah pada akhirnya telah mengakui kesalahannya sehigga  Hakim kemudian memberikan putusan yaitu menyatakan Terdakwa DM bersalah dan oleh karenanya Hakim menjatuhkan hukuman penjara yang semula 18 bulan namun mengingat Terdakwa telah mengakui kesalahannya, maka Terdakwa mendapatkan potongan hukuman penjara sepertiga menjadi 12 bulan ;
Kemudian Hakim juga mempertimbangkan hal-hal lainnya terkait latar belakang dari Terdakwa DM sebagaimana yang diuraikan dalam surat dari KJRI Hong Kong kepada Hakim sehingga hukumannya di kurangi lagi sepertiga menjadi 8 bulan.
Selanjutnya Hakim mempertimbangkan fakta bahwa Terdakwa DM telah mendatangi KJRI Hong Kong untuk melakukan perubahan data Paspor yang sesuai dengan identitas aslinya sehingga Hakim berpandangan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Terdakwa tersebut merupakan upaya untuk menyerahkan diri atas kesadaran pribadi sehingga hukumannya dikurangi lagi selama 3 bulan.
Dengan memperhatikan berbagai pertimbangan yang disampaikan oleh Hakim tersebut maka pada akhirnya Terdakwa DM hanya diharuskan untuk menjalani hukuman penjara selama 5 bulan.