Senin, 25 Juli 2016

Polsek Entikong Tangkap Pemalsu Paspor

Selasa, 7 Juni 2016 15:34

Polsek Entikong Tangkap Pemalsu Paspor
GETTY IMAGES
Ilustrasi 
Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nasaruddin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Jajaran Reskrim Polsek Entikong, Kabupaten Sanggau meringkus pria asal Landak, YB alias Bus (37) yang diduga sebagai agen pemalsu paspor. Penangkapan Bus dilakukan, setelah Polsek Entikong mendapat laporan seorang warga.
"Pada hari Jumat (3/6) sekitar pukul.16.30 wib datang seseorang ke Polsek Entikong untuk melaporkan kejanggalan cap paspor yang dititipkan kepada tersangka. Setelah mendapatkan laporan, Unit Reskrim Sektor Entikong melakukan penggeledahan di rumah kontrakan tersangka di Entikong," kata Kapolsek Entikong, Kabupaten Sanggau, AKP Kartyana Widyarso WP, melalui WhatsApp, Selasa (7/6/2016).
Kapolsek mengatakan, dari penggeledahan ditemukan barang bukti 61 paspor di mana 50 paspor dalam keadaan sampul terlepas untuk kanibal, delapan paspor sudah dihapus stempel, dan tiga paspor dari pelapor hasil cap palsu.
Barang bukti lainnya, satu boks kotak plastik warna kuning berisi alat-alat yang diduga dipergunakan untuk memalsukan paspor serta satu cap paspor keluar Malaysia palsu.
Tersangka dan barang bukti kemudian diamankan di Polsek Entikong untuk dilakukan penyelidikan dan pengembangan. Berdasarkan keterangan tersangka, pemalsuan dilakukannya sendiri dan sudah lebih dari tiga tahun.
"Modus yang digunakan, menghapus cap masuk Malaysia dengan campuran cairan pembersih lantai dan cairan pemutih sehingga bersih kembali. Tersangka menggunakan stempel cap keluar Malaysia palsu serta mengkanibal dan mengubah nomor seri paspor," katanya.

Penulis: Nasaruddin
Editor: Arief