Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 10 Juni 2016

SA Diadili karena Dituduh Mencuri Daging Babi

Persidangan Warga Negara Indonesia atas Terdakwa berinisial SA (Ponorogo 24 April 1975) dengan nomor kasus STCC 1986/2016 telah dilaksanakan pada  hari Jum’at tanggal 10 Juni 2016, bertempat di Shatin Court.
Pada persidangan tersebut Terdakwa SA  diajukan ke persidangan dengan tuduhan telah melakukan pencurian di sebuah supermarket ternama di Hong Kong.
Terdakwa datang pertama kali ke Hong Kong bekerja sebagai domestic helper  pada tahun  2004 sampai dengan tahun 2006 bekerja dengan satu majikan dan kemudian Terdakwa SA berganti majikan dari tahun 2006 sampai dengan saat ini dan bekerja dengan majikan yang sama  di daerah Shatin.
Terdakwa SA pada tanggal 5 April 2016 sekitar pukul 12.20 pm pergi di supermarket daerah Shatin untuk berbelanja buah-buahan dan 2 pak daging babi, karena Tedakwa sibuk dengan telepon genggamnya sehingga Terdakwa mengaku lupa untuk mengeluarkan 2 pak daging babi  (seharga HKD 93.90) di kasir pada saat hendak membayar, akibatnya pada saat hendak  keluar dari supermarket  tersebut Terdakwa ditangkap oleh petugas supermarket yang dan pada waktu itu juga Terdakwa dilaporkan ke polisi dan Terdakwa membuat pernyataan telah mencuri 2 pak daging babi seharga HKD 93.90. Pada tanggal 28 April 2016 Terdakwa diinterogasi di kantor polisi Shatin dan diminta untuk menghadiri persidangan pada tanggal 10 Juni 2016.
Hasil persidangan tersebut, Terdakwa SA mengakui kesalahannya bahwa Terdakwa SA telah melakukan pencurian di supermarket sehingga Hakim kemudian menjatuhkan hukuman denda sebesar HKD 1.000  (seribu hongkong dollar ) dengan masa percobaan selama satu tahun. Dengan hukuman tersebut, maka Terdakwa SA  tidak perlu membayar denda tersebut dengan syarat selama satu tahun yang bersangkutan tidak melakukan lagi pelanggaran hukum di Hong Kong. Apabila  Terdakwa SA  melakukan pelanggaran hukum lagi di Hong Kong dalam kurun waktu satu tahun tersebut, maka yang bersangkutan harus membayar denda sebesar HKD 1.000  (seribu hongkong dollar) ditambah hukuman atas pelanggaran hukum yang baru dilakukan.
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong