Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Kamis, 02 Juni 2016

SH Diadili karena Ulah PT yang Mengurus Paspornya

Persidangan WNI atas nama Terdakwa SH  dengan Nomor Kasus STCC 1587/2016 telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 2 Juni  2016 bertempat di Sha Tin Court.
Pada tahun 2000 Terdakwa datang pertama kali ke Hong Kong dan bekerja sebagai domestic helper melalui sebuah PT di Jakarta yang membantu mengurus pembuatan paspor dengan data lahir Indramayu, 7 April  1980. Terdakwa SH bekerja di  Hong kong  sampai dengan tahun 2004  dan selanjutnya pulang ke tanah air.
Terdakwa SH datang kembali ke Hong Kong pada tanggal 18 Juni 2015 melalui PT yang lain di daerah Cirebon yang mengubah  data lahirnya menjadi Indramayu, 7 April 1982 dan data lahir yang digunakan ini sesuai dengan tahun kelahiran dari Terdakwa SH  yang sebenarnya. Kemudian Terdakwa bekerja di daerah Tseung Kwan O dan Visa Kerja Terdakwa berlaku sampai dengan tanggal 18 Juni 2017.
Sebuah Agen membantu Terdakwa SH  untuk mengurus HKID nya pada tanggal 19 Juni 2015, dimana pada hari yang sama Pihak Imigrasi Hong Kong memberitahukan kepada Terdakwa SH  bahwa proses pembuatan HKID-nya ada masalah dikarenakan adanya perbedaan data tahun kelahiran Terdakwa dalam dokumen yang sekarang dengan yang sebelumnya. Terkait dengan hal tersebut, Terdakwa SH kemudian diminta untuk datang ke Kowloon Bay pada tanggal 3 Maret  2016 guna diinterogasi.
Pada persidangan pertama di Shatin tanggal 3 Mei  2016, Terdakwa SH  tidak mengakui apa yang dituduhkan kepadanya bahwa Terdakwa telah memalsukan dokumennya. Hakim mengabulkan  permohonan bail out yang diajukan oleh Terdakwa SH  tersebut dengan membayar uang jaminan sebesar HK$ 100 dan sampai saat ini Terdakwa masih bekerja dan tinggal dengan majikannya.
Guna mempelajari berkas perkara lebih lanjut,  Hakim  memutuskan bahwa persidangann perkara atas nama Terdakwa SH  ditunda sampai dengan tanggal 8 Agustus 2016.
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong