Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Rabu, 13 Juli 2016

BMI Disidang karena Mencuri di Supermarket

Persidangan WNI atas Terdakwa berinisial HA dengan Nomor Kasus KCCC 2182/2016 telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 Juli  2016 bertempat di Kowloon City Court lantai 5 ruang sidang 1.
Pada tahun 2008 Terdakwa datang pertama kali ke Hong Kong untuk bekerja sebagai domestic helper namun hanya selama 1 tahun karena yang bersangkutan kemudian di-terminate oleh majikannya. Setelah di-terminate oleh majikan, Terdakwa HA kemudian bertemu dengan seorang laki-laki berkewarganegaraan Nepal yang selanjutnya mereka menikah dan melahirkan seorang anak perempuan yang sekarang sudah berusia 5 tahun 4 bulan.
Pada tanggal 14 Juni 2016 Terdakwa pergi ke supermarket Park & Shop dan membeli beberapa keperluan, namun Terdakwa tidak membayar tissue basah dimana pada saat Terdakwa hendak meninggalkan supermarket tersebut, Terdakwa diperiksa oleh petugas supermarket dan dilaporkan ke kantor polisi terdekat atas tuduhan melakukan pencurian. Pada hari yang sama Terdakwa ditangkap oleh Polisi Yau Ma Tei dan diinterogasi, kemudian Terdakwa diizinkan untuk tinggal di luar dengan jaminan sebesar HKD 500 (lima ratus Hong Kong dollar);

Adapun hasil persidangan hari ini Terdakwa HA mengakui kesalahannya yaitu telah melakukan pencurian di supermarket Park & Shop di Hong Kong sehingga Hakim kemudian menjatuhkan hukuman denda sebesar HKD 500  (lima ratus Hong Kong dollar ) dengan masa percobaan selama satu tahun. Dengan syarat selama satu tahun yang bersangkutan tidak boleh melakukan lagi pelanggaran hukum di Hong Kong. Apabila  Terdakwa HA  melakukan pelanggaran hukum lagi di Hong Kong dalam kurun waktu satu tahun tersebut, maka yang bersangkutan harus menjalani hukuman atas pelanggaran hukum yang baru dilakukan serta membayar denda sebesar HKD 500.


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong