Jumat, 29 Juli 2016

Overstayer divonis Penjara 2 Minggu

Persidangan dengan nomor kasus STCC 2827/2016 atas Terdakwa berinisial SU telah dilaksanakan pada hari Jumat  tanggal 29  Juli  2016 bertempat di Shatin Court lantai 3 court 1.

Terdakwa SU  diajukan ke persidangan dengan dakwaan telah melanggar peraturan keimigrasian di Hong Kong yaitu telah melewati batas waktu ijin tinggal (overstay) di Hong Kong selama 1,5 bulan.

Terdakwa SU datang ke Hong Kong sebagai domestic helper dan telah diputus kontrak oleh majikannya sejak tanggal 13 April 2016.

Selanjutnya pada saat Terdakwa hendak memperpanjang izin visanya  pada tanggal 19 Juni 2016 di Imigrasi Hong Kong, Terdakwa baru menyadari bahwa dirinya telah melanggar peraturan keimigrasian di Hong Kong yaitu telah overstay selama 1,5 bulan.

Hasil persidangan hari ini, Terdakwa SU mengaku bersalah atas dakwaan yang dituduhkan kepadanya sehingga Hakim kemudian memutuskan Terdakwa dijatuhi hukuman penjara selama 2 minggu dengan masa percobaan 3 tahun sehingga Terdakwa SU  tidak perlu menjalani hukuman di penjara namun apabila dalam waktu 3 tahun Terdakwa melakukan pelanggaran hukum, maka Terdakwa harus menjalani hukuman penjara selama 2 minggu ditambah dengan hukuman terhadap pelanggaran yang baru.