Rabu, 03 Agustus 2016

Dua BMI Diadili karena Overstay

Persidangan  atas Terdakwa berinisial KM  dengan Nomor Kasus STCC 1970/2016 dan  WA dengan Nomor Kasus STCC 1974/2016  telah dilaksanakan pada hari Rabu  tanggal 3 Agustus  2016 bertempat di Shatin Court.

Terdakwa KM  (Ambon, 10 Nopember 1984) datang ke Hong Kong dan bekerja sebagai domestic helper dimana kemudian telah finish kontrak dengan majikannya pada bulan Oktober 2015, namun Terdakwa KM  tidak mendapatkan majikan baru sehingga Terdakwa KM  menjadi overstay selama 7 bulan.

Sedangkan Terdakwa  WA (Cirebon, 26 Oktober 1985) tanggal 5 Januari 2012  pertama kali datang ke Hong Kong sebagai domestic helper  dan telah bekerja selama 3 tahun 4 bulan, kemudian diputus kontrak oleh majikannya dan mendapatkan majikan lagi tetapi hanya bekerja selama 3 minggu mengingat Terdakwa WA telah mengajukan paper yang dijamin oleh CIDTV. Namun karena klaimnya hanya berlaku satu tahun dan Terdakwa masih belum mendapatkan pengganti CIDTV maka Terdakwa akhirnya overstay selama 3 minggu.


Hasil persidangan hari ini,  kedua  Terdakwa mengakui kesalahannya bahwa mereka telah melanggar peraturan keimigrasian di Hong Kong. Selanjutnya dikarenakan kedua Terdakwa telah mendapatkan persetujuan dari pihak Imigrasi Hong Kong terkait pengajuan paper maka kedua Terdakwa di bebaskan dan uang bail out  dapat di ambil kembali.