Senin, 29 Agustus 2016

JU Didenda karena Overstay


Persidangan dengan nomor kasus STCC 2840/2016 atas nama Terdakwa JU (Malang, 17 Agustus 1975)  Paspor No. AT009786  telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 Agustus  2016 bertempat di Shatin  Court lantai 3 court 1.
Terdakwa JU  datang ke Hong Kong pertama kali pada tahun 1996 dan  bekerja sebagai domestic helper dengan majikan yang bertempat tinggal di daerah Yuen Long, namun Terdakwa JU hanya bekerja dengan majikan itu selama 2 tahun kemudian Terdakwa JU pulang ke tanah air.
Pada bulan Maret 2014 Terdakwa JU datang kembali ke Hong Kong, namun pada saat Terdakwa JU hendak mengurus HKID nya di Imigrasi Hong Kong ternyata Terdakwa JU mendapatkan kesulitan sebab data kelahiran pada saat  JU datang pertama kali ke Hong Kong berbeda dengan data kelahiran Terdakwa JU yang datang untuk kedua kalinya ke Hong Kong, sehingga selama Terdakwa JU bekerja di majikan sampai dengan di putus kontrak oleh majikan pada tanggal 14 Juni 2015 tidak memiliki HKID.
Terdakwa JU setelah di putus kontraknya oleh majikan hanya boleh tinggal di Hong Kong sampai dengan tanggal 29 Juni 2015, namun Terdakwa JU tidak meninggalkan Hong Kong sehingga akhirnya overstay selama 1 tahun di Hong Kong.
Terdakwa JU datang menyerahkan diri ke Imigrasi Kowloon Bay pada tanggal 10 Juni 2016 dikarenakan yang bersangkutan berkeinginan untuk pulang ke tanah air.
Terdakwa JU didakwa telah melakukan pelanggaran keimigrasian di Hong Kong yaitu telah overstay di Hong Kong selama 1 tahun.  
Hasil persidangan pada hari ini, Terdakwa JU telah mengakui kesalahannya sehingga  Hakim kemudian memutuskan selama Imigrasi Hong Kong tidak mempermasalahkan terkait adanya perbedaan data pada Paspor Terdakwa JU maka untuk saat ini Hakim hanya akan menjatuhkan hukuman bagi Terdakwa JU terkait perkara overstay yaitu dengan pidana denda sebesar HK$ 500 (lima ratus hongkong dollar) ditambah dengan pidana penjara selama 4 minggu  dengan masa percobaan selama 3 tahun, sehingga apabila dalam kurun waktu 3 tahun Terdakwa JU melakukan pelanggaran yang baru maka Terdakwa JU wajib menjalankan hukuman penjara selama 4 minggu di tambah dengan hukuman untuk pelanggaran hukum yang baru.