Rabu, 31 Agustus 2016

Cara Mengurus Legalisasi Organisasi di Hong Kong


PERTANYAAN
Pak Kuncoro saya Ida Royani ingin berkonsultasi hukum mengenai perizinan “Registry of Society Hong Kong” mengingat Di kalangan buruh migran Indonesia (BMI) terdapat banyak organisasi. Mereka kesulitan ketika ingin mengadakan pertemuan namun tempatnya susah didapat. Dari penuturan teman-teman bahwa organisasi BMI yang telah mendaftar di kepolisian Hong Kong akan mendapat fasilitas dari pemerintah Hong Kong yang antara lain izin memakai lapangan guna mengadakan kegiatan.
Yang ingin saya tanyakan :
  1. Bagaimanakah prosedurnya, jika ingin mendaftarkan ke Kepolisian Hong Kong ?
  2. Apakah saya/organisasi BMI juga harus melaporkan/mendaftarkan ke KJRI Hong Kong
  3. Apakah jika ingin mendaftarkan ke Kepolisian juga harus ada pernyataan legalitas dari notaris/pengacara ?
  4. Saya berharap Bapak berkenan memberikan pencerahan hukum, apa batasan hak dan kewajiban saya/organisasi BMI jika mendapatkan izin Kepolisisan Hong Kong tersebut.
JAWABAN  :
Berkaitan dengan pertanyaan mengenai perizinan “Registry of Society Hong Kong” bersama ini dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut  :
1.    Pendaftaran society atau organisasi di HK dapat dilakukan di Societies office (Tel. No.: 2860 7743 Faxline: 2200 4327 Email: societies-office@police.gov.hk) Location: 12/F, Arsenal House, Police Headquarters, 1 Arsenal Street, Wan Chai, Hong Kong. Sesuai link berikut :  http://www.police.gov.hk/ppp_en/11_useful_info/licences/societies.html
Langkah2:
(a)      Telp nomor tsb di atas lalu konsultasi dg petugas.
(b)      Langsung datang ke alamat di atas dan ambil formulir pendaftaran society atau Download filenya pada aplication of registration of Society, pada link di atas.
(c)       Isi aplikasi dan kumpulkan kembali data2 dan administrasi yg dibutuhkan serta ikuti prosedur yg diminta.

2.    Bahwa utk organisasi WNI di HK berkenan utk mendaftarkanya ke Bidang penerangan atau Bidang Kepolisian dan mengisi formulir yg sdh disiapkan. Data tersebut sangat bermanfaat utk membantu menjawab dan menjelaskan pertanyaan2 yg kadang disampaikan kpd KJRI HK dari otoritas HK mengenai kegiatan organisasi WNI di HK.

3.    Utk manjadi organisasi yg terdaftar di HK, pd umumnya tdk memerlukan legalisasi dr notaris dll, namun tergantung dr jenis kegiatan organisasi. Semua sdh ada dalam prosedur pengurusannya dan cukup mudah jika bentuk kegiatan organisasi hanya sederhana spt kegiatan agama, komunitas budaya dll.

4.    Batasan2 mengenai kegiatan organisasi akan dijelaskan lbh lanjut saat pengurusan lisence di polisi HK. Batasan yg lain tentu saja mengacu pada hak dan kewajiban sebagai pekerja di HK yg kaitanya dg peraturan imigrasi, ketenagakerjaan dan aturan2 hukum yg lain.

Batasan spesifik lain mengenai kegiatan organisasi tergantung pada jenis license yg akan diterima, misal jika lisence societynya hanya berupa organisasi biasa maka tdk diperkenankan menggalang dana/ uang, berjualan dll. Namun jika lisencenya merupakan organisasi bentul charity maka memiliki hak utk menggalang dana dll. Sekali lagi semua hak dan kewajiban organisasi tergantung dr bentuk organisasi dan jenis lisence yg diperoleh dr otoritas HK.
Demikian terima kasih