Jumat, 19 Agustus 2016

ME Diadili karena Overstay, Ajukan Paper Ditolak

Persidangan dengan nomor kasus STCC 1377/2016 atas nama Terdakwa ME  (Indramayu, 29 April 1983) telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 19 Agustus  2016 bertempat di Shatin  Court.
Terdakwa ME   datang ke Hong Kong sejak  tahun 2009 dan setelah kontrak kerjanya selesai yang bersangkutan sempat renew kontrak dengan majikannya namun Terdakwa ME kemudian mengajukan break kontrak dan keluar dari rumah majikan sekitar bulan Juli 2014. Setelah Terdakwa ME keluar dari rumah majikan, yang bersangkutan  tidak berhasil mendapatkan majikan yang baru sehingga akhirnya menjadi overstay selama 1 tahun 10 bulan.
Terdakwa ME ditangkap polisi di daerah Yuen Long pada tanggal 16 April 2016 dan setelah di interogasi Terdakwa ditahan di penjara Lowu. Selanjutnya Terdakwa ME mengajukan bailout pada persidangan yang pertama dan Hakim mengizinkan dengan uang jaminan sebesar HKD 1,000 (seribu hong kong dollar).
Terdakwa ME didakwa telah melakukan pelanggaran keimigrasian di Hong Kong selama 1 tahun 10 bulan, disamping itu Terdakwapun telah mengajukan paper sebanyak 2 kali tetapi ditolak oleh Imigrasi Hong Kong.
Hasil persidangan pada hari ini, Terdakwa ME telah mengakui kesalahannya sehingga  Hakim kemudian memutuskan untuk menjatuhkan hukuman kepada Terdakwa ME dengan pidana penjara selama 6 minggu dengan masa percobaan 3 tahun sehingga Terdakwa ME tidak perlu menjalani hukuman penjara saat ini  namun apabila dalam waktu 3 tahun Terdakwa melakukan pelanggaran hukum, maka Terdakwa wajib menjalani hukuman penjara selama 6 minggu  ditambah dengan hukuman terhadap pelanggaran yang baru. Disamping itu Hakim juga mengizinkan Terdakwa ME untuk mengambil kembali uang bail out  sebesar HKD 1,000 ( seribu hong kong dollar ).