Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 05 Agustus 2016

RU diadili karena terlibat kasus Overstay

Persidangan dengan nomor kasus STCC 2710/2016 terhadap Terdakwa berinisial RU (26 Tahun) telah dilaksanakan pada hari Jumat  tanggal 5 Agustus  2016 bertempat di Shatin Court.

Terdakwa RU diajukan ke persidangan dengan dakwaan telah melanggar peraturan keimigrasian di Hong Kong yaitu telah melewati batas waktu ijin tinggal (overstay) di Hong Kong selama 6 bulan.
Terdakwa RU datang pertama kali ke Hong Kong pada tahun 2010 dan bekerja  sebagai domestic helper. Pada tahun 2014 Terdakwa RU bekerja pada majikan yang baru dan telah diputus kontraknya  oleh majikannya sejak  bulan Desember 2015.
Selanjutnya Terdakwa berkeinginan untuk pulang ke tanah air sehingga Terdakwa RU  datang menyerahkan diri ke Imigrasi Hong Kong di Kowloon Bay  dimana setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Terdakwa RU ternyata yang bersangkutan telah melanggar peraturan keimigrasian di Hong Kong yaitu telah overstay selama 6  bulan.
Adapun hasil persidangan hari ini, Terdakwa RU telah mengaku bersalah atas dakwaan yang dituduhkan kepadanya sehingga Hakim kemudian memutuskan untuk menjatuhkan hukuman kepada Terdakwa dengan pidana penjara selama 2 minggu dengan masa percobaan 3 tahun sehingga Terdakwa RU  tidak perlu menjalani hukuman di penjara namun apabila dalam waktu 3 tahun Terdakwa melakukan pelanggaran hukum, maka Terdakwa harus menjalani hukuman penjara selama 2 minggu ditambah dengan hukuman terhadap pelanggaran yang baru.


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong