Senin, 08 Agustus 2016

SH Dibebaskan Bersyarat

Persidangan WNI atas nama Terdakwa berinisial SH dengan Nomor Kasus STCC 1587/2016 telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 8 Agustus 2016 bertempat di Sha Tin Court lantai 5 ruang sidang 6.
Pada persidangan pertama di Shatin tanggal 3 Mei 2016, Terdakwa SH tidak mengakui apa yang dituduhkan kepadanya bahwa Terdakwa telah memalsukan dokumennya. Selanjutnya pada persidangan yang terkait dengan pengajuan bail out, Hakim mengabulkan  permohonan bail out yang diajukan oleh Terdakwa SH tersebut dengan membayar uang jaminan sebesar HK$ 100 dan sampai saat ini Terdakwa masih bekerja dan tinggal dengan majikannya.
Selanjutnya pada persidangan  yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2016 ini Terdakwa SH mengakui kesalahannya bahwa dirinya telah melanggar peraturan Keimigrasian di Hong Kong dan  telah datang pertama kali ke Hong Kong dengan data yang salah. Hakim memandang  bahwa  Terdakwa tidak memiliki tujuan untuk melakukan tindakan illegal di Hong Kong dengan menggunakan data yang salah sebab pada kedatangan terakhir ke Hong Kong Terdakwa telah menggunakan data yang benar di paspornya dan di samping itu  pada saat pertama kali ke Hong Kong Terdakwa SH telah berumur 18 tahun atau sebenarnya telah memenuhi persyaratan umur untuk bekerja di Hong Kong.
Dengan pertimbangan sebagaimana tersebut di atas, maka dalam persidangan hari ini Hakim memutuskan bahwa Terdakwa SH bersalah dan oleh karenanya Hakim kemudian menjatuhkan hukuman kepada Terdakwa dengan pidana penjara selama 4 bulan  dengan masa percobaan 18 bulan  sehingga Terdakwa SH tidak perlu menjalani hukuman di penjara, namun apabila dalam waktu 18 bulan  Terdakwa melakukan pelanggaran hukum, maka Terdakwa harus menjalani hukuman penjara selama 4 bulan  ditambah dengan hukuman terhadap pelanggaran yang baru.