Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Selasa, 16 Agustus 2016

WA Diadili karena Lupa Bayar Belanjaan

Persidangan dengan nomor kasus TWCC 1302/2016 atas nama Terdakwa berinisial WA  (Indramayu, 23 November 1976) telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Agustus  2016 bertempat di Tuen Mun Court.
Terdakwa WA   pertama kali datang ke Hong Kong pada tahun 2002 dan setelah kontrak kerjanya selesai yang bersangkutan sempat pulang ke tanah air beberapa tahun sampai akhirnya Terdakwa WA memutuskan untuk datang kembali ke Hong Kong pada tahun 2012 dan bekerja dengan majikan yang sama sampai dengan saat ini.
Terdakwa WA pada tanggal 29 April 2016 disuruh oleh majikannya untuk berbelanja membeli daging babi dan pisang, kemudian Terdakwa WA pergi ke supermarket Wellcome yang berlokasi di Tung Chung dimana pada saat hendak membayar barang belanjaannya di Kasir, telepon genggam Terdakwa WA berdering sehingga yang bersangkutan mengangkat telepon sampai akhirnya Terdakwa WA lupa untuk membayar belanjaannya namun memasukkan barang belanjaannya tersebut ke kantung yang dibawanya dan keluar dari supermarket.
Terdakwa WA pada saat hendak meninggalkan supermarket kemudian di tangkap oleh petugas security yang berjaga di supermarket yang melihat dan menjadi saksi bahwa Terdakwa WA belum membayar barang belanjaannya.
Terdakwa WA kemudian dilaporkan dan ditangkap oleh Petugas Kepolisian Tung Chung namun Terdakwa WA di izinkan untuk bail out dengan uang jaminan sebesar HKD 500 (lima ratus hong kong dollar) dengan jaminan alamat rumah majikan dimana Terdakwa WA masih bekerja sampai dengan saat ini.

Hasil persidangan pada hari ini, Terdakwa WA didakwa telah melakukan pencurian di supermarket Wellcome dan Terdakwa telah mengakui kesalahannya sehingga  Hakim mengizinkan Terdakwa WA untuk mengambil kembali uang bail out yang telah diserahkan di Kantor Polisi Tung Chung. Disamping itu Hakim juga memutuskan Terdakwa WA terbukti bersalah sehingga oleh karena menjatuhkan hukuman kepada yang bersangkutan untuk membayar denda sebesar HKD 2.000 (dua ribu hong kong dollar)  dengan masa percobaan 12 bulan sehingga Terdakwa WA tidak perlu menjalani hukuman denda tersebut namun apabila dalam waktu 12 bulan Terdakwa melakukan pelanggaran hukum, maka Terdakwa wajib membayar denda sebesar HKD 2.000 (dua ribu hong kong dollar) ditambah dengan hukuman terhadap pelanggaran yang baru.
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong