Jumat, 30 September 2016

BMI Diadili karena Bekerja di Hong Kong Menggunakan Visa Turis

Persidangan dengan nomor kasus STCC 2506/2016 atas nama Terdakwa berinisial DA  (32 tahun) telah dilaksanakan pada hari Jumat  tanggal 30  September  2016 bertempat di Shatin Court.
Terdakwa DA pertama kali datang ke Hong Kong pada tanggal 29 Februari 2010 dan  telah bekerja  pada  6 majikan  yang berbeda , saat ini Terdakwa masih bekerja dengan  majikan nya yang berlokasi di daerah  Yuen Long yang diproses melalui Agen Berkah yang berlokasi sama di daerah Yuen Long.
Terdakwa DA keluar dari majikannya yang lama pada tanggal 5 Mei 2015. Setelah mendapatkan majikan baru yang diproses melalui Agen Berkah, Terdakwa DA menunggu visa di Macau selama 4 bulan. Ketika visa kerjanya telah diterbitkan oleh Imigrasi Hong Kong maka pada tanggal 5 September 2015 Terdakwa DA datang ke Hong Kong dengan menggunakan visa turis (visa kerja tidak ditempelkan pada lembar paspor sebab semua lembar paspor sudah penuh halamannya)  dan masuk ke rumah majikannya yang baru pada tanggal 6 September 2015.
Terdakwa DA datang ke KJRI Hong Kong untuk memperpanjang paspornya dikarenakan paspor yang lama selain sudah penuh halamannya juga masa berlakunya paspor hanya sampai dengan tanggal 28 Februari 2016.   
Selanjutnya Terdakwa DA bermaksud untuk membuka rekening pada salah satu bank di Hong Kong tetapi di tolak dikarenakan pada paspor yang baru tidak terdapat visa kerjanya, sehingga atas petunjuk beberapa temannya Terdakwa DA disarankan untuk keluar Hong Kong guna mendapatkan cap visa  pada paspor yang baru.
Pada tanggal 8 April  2016 Terdakwa DA mencoba hendak ke Cina untuk mendapatkan cap visa pada  paspornya tetapi Terdakwa ditangkap di border Imigrasi Lo Wu dan kemudian Terdakwa DA diminta untuk datang ke Kantor Imigrasi yang berlokasi di Kowloon Bay untuk diinterogasi lebih lanjut.
Setelah Terdakwa DA diinterogasi, yang bersangkutan diizinkan untuk tinggal di luar dengan uang jaminan sebesar HKD 100 (seratus hongkong dollar) dan diminta untuk menghadiri persidangan pada tanggal 30 September 2016 di Shatin Court dimana yang bersangkutan didakwa telah melanggar peraturan Keimigrasian Hong Kong dikarenakan setelah Terdakwa datang dan bekerja di Hong Kong dengan majikannya sampai saat ini hanya menggunakan visa turis dan telah overstay selama 5 bulan.
Hasil persidangan pada tanggal 30 September 2016 ini, Terdakwa DA mengakui  kesalahannya  dan Hakim memutuskan Terdakwa DA terbukti bersalah sehingga Terdakwa DA  diwajibakan untuk membayar biaya persidangan sebesar HKD 100 (seratus hongkong dollar), dan diwajibkan berjanji untuk berkelakuan baik selama 1 tahun serta  membayar denda sebesar HKD 500 ( lima ratus hongkong dollar), akan tetapi denda sebesar HKD 500 tersebut tidak wajib dibayar saat ini, namun apabila dalam kurun waktu 1 tahun Terdakwa DA melakukan pelanggaran / kesalahan lagi maka Terdakwa DA wajib membayar denda sebesar HKD 500 ditambah dengan hukuman atas pelanggaran yang baru dilakukannya.