Kamis, 01 September 2016

EK Diadili karena Overstay

Hasil gambar untuk sidang
Ilustrasi: riaumandiri.co
Persidangan dengan nomor kasus STCC 3358/2016 atas nama Terdakwa berinisial EK telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 1 September  2016 bertempat di Shatin Court lantai 3 court 2.
Terdakwa EK datang ke Hong Kong pertama kali pada tahun 2010 untuk bekerja sebagai domestic helper dengan majikan yang bertempat tinggal di daerah Aberdeen, namun Terdakwa EK hanya bekerja dengan majikan itu selama 6 bulan saja kemudian Terdakwa EK mencari lagi majikan baru dan bekerja dengan majikan terakhir selama 5 tahun 6 bulan sampai akhirnya pada bulan Juni 2015 majikan memutus kontrak terhadap EK sebab majikan tidak bersedia untuk memberikan long service kepada Terdakwa.
Setelah diputus kontrak oleh majikan Terdakwa EK berusaha mencari lagi majikan baru meski Terdakwa telah 3 kali ke luar Hong Kong yaitu  ke China untuk extand visa  tetapi Terdakwa EK tidak mendapatkan majikan baru sampai akhirnya Terdakwa menjadi overstay selama 5 bulan di Hong Kong.  
Pada tanggal 29 Pebruari 2016 Terdakwa EK datang menyerahkan diri ke Kantor Imigrasi di Kowloon Bay sebab Terdakwa ingin pulang ke tanah air, setelah di interogasi  terdakwa diizinkan untuk tinggal di luar tanpa uang jaminan dan diminta untuk hadir di persidangan pada hari ini.
Terdakwa EK didakwa telah melakukan pelanggaran keimigrasian di Hong Kong yaitu Terdakwa EK telah overstay di Hong Kong selama  5 bulan.

Hasil persidangan pada hari ini, Terdakwa EK telah mengakui kesalahannya sehingga  Hakim kemudian memutuskan untuk menjatuhkan hukuman  pidana penjara selama 4 minggu dengan masa percobaan 3 tahun sehingga Terdakwa EK tidak perlu menjalani hukuman penjara saat ini  namun apabila dalam waktu 3 tahun Terdakwa melakukan pelanggaran hukum lagi maka Terdakwa wajib menjalani hukuman penjara selama 4 minggu  ditambah dengan hukuman terhadap pelanggaran yang baru.