Rabu, 21 September 2016

Kunjungan KJRI Hong Kong terhadap Tahanan WNI di Penjara Lo Wu

Pada hari Selasa 20 September 2016 Tim Citizen Service dari KJRI Hong Kong melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Lo Wu Correctional Institution  dan mengadakan pertemuan dengan Warga Negara Indonesia yang sedang menjalani hukuman sebanyak 82 orang yang dibagi dalam 4 (empat) sesi dimana pada sesi pertama bertemu dengan narapidana sebanyak 45 (empat puluh lima) orang dari 50 (lima puluh) narapidana yang diinformasikan pihak penjara, 3 (tiga)  orang sudah bebas, 1 (satu) orang sedang memeriksakan diri ke rumah sakit dan 1 (orang) tidak berkenan untuk ditemui. Selanjutnya pada sesi pertemuan kedua dengan narapidana sebanyak 12 (dua belas) orang dari 16 (enam belas) orang yang diinformasikan pihak penjara, 1 (satu) orang sudah bebas, 2 (dua) orang sedang memeriksakan diri ke rumah sakit dan 1 (satu) orang tidak bersedia menemui Tim. Sesi pertemuan ketiga dengan narapidana sebanyak 7 (tujuh) orang dari 7 (tujuh) narapidana yang diinformasikan pihak penjara. Sedangkan sesi pertemuan keempat dengan WNI yang masih berstatus tahanan sebanyak 9 (sembilan) orang dari 9 (sembilan) orang yang diinformasikan pihak penjara.
Adapun data Warga Negara Indonesia yang bermasalah dengan hukum di Lo Wu Correctional Institution sampai dengan saat ini terdiri dari :
a.         Tahanan              :             9 orang
b.         Narapidana        :           69 orang
c.         Bebas                  :             4 orang
               Jumlah          :           82 orang

Kemudian berdasarkan pendataan yang dilakukan terhadap WNI yang berada di Lo Wu Correctional Institution sesuai klasifikasi tindak pidana yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a.    Narkotika                                   :   15    orang
b.    Pencurian                                   :   12    orang
c.    Pelanggaran izin tinggal           :   23    orang
d.    Dokumen Palsu                         :     6    orang
e.    Menggunakan ID orang lain     :     9    orang
f.     Paper Kerja                                 :   10    orang
g.    Lain-lain                                      :     7    orang
                                         Jumah               :   82    orang
Disamping itu dalam kunjungan tersebut, Tim Citizen Service telah memberikan barang berupa handwash kepada seluruh WNI yang berada di Lo Wu Correctional Institution serta beberapa barang lainnya sesuai permintaan dari WNI pada kunjungan sebelumnya seperti Al Qur’an, Buku Yasin, Novel, Pensil Warna, majalah, kamus bahasa Inggris, dll.
Selanjutnya ada permintaan dari tahanan berinisial HA (PIC No. 395376) yang terlibat kasus penggunaan HKID palsu yang divonis 15 bulan hukuman penjara yang telah menikah di Hong Kong dan mempunyai 2 (dua) orang anak. Yang bersangkutan menginginkan anaknya untuk menjadi WNI dan saat ini kedua anaknya berada dalam asuhan social welfare.
Kemudian sehubungan dengan adanya beberapa tahanan yang dalam waktu dekat akan segera mengakhiri masa hukumannya maka mereka juga mengajukan permintaan untuk pembuatan SPLP.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Tim Citizen Service KJRI Hong Kong, secara umum kondisi para WNI yang berada di Lo Wu Correctional Institution sehat dan baik serta diperlakukan secara wajar oleh pihak penjara.