Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Selasa, 13 September 2016

NU Overstay, Divonis Penjara 10 Minggu

Persidangan dengan nomor kasus STCC 3517/2016 atas nama Terdakwa berinisial NU  (Madiun, 28 Agustus 1982),  telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 September  2016 bertempat di Shatin Court  lantai  3 court 1.
Terdakwa NU pertama kali datang ke Hong Kong pada bulan November 2012 dan bekerja hanya selama 3 bulan pada majikan yang berlokasi di Sham Tseng (daerah Tuen Mun) dikarenakan majikan memutus kontrak pada bulan Januari 2013.
Terdakwa NU setelah diputus kontrak oleh majikannya tidak mendapatkan majikan baru sehingga Terdakwa NU menjadi overstay di Hong Kong selama 3 tahun 7 bulan.  
Pada tanggal 1 September 2016 Terdakwa NU datang menyerahkan diri ke Imigrasi Hong Kong yang berlokasi di Kowloon Bay mengingat Terdakwa berkeinginan untuk pulang ke tanah air.
Terdakwa NU kemudian diinterogasi dan diminta untuk menghadiri persidangan pada hari ini di Shatin Court guna diproses pelanggaran yang telah dilakukannya di Hong Kong dimana yang bersangkutan didakwa telah melanggar peraturan Keimigrasian Hong Kong dikarenakan setelah Terdakwa di putus kontrak oleh majikan dan tidak mendapatkan majikan baru tetapi Terdakwa tidak segera meninggalkan Hong Kong hingga overstay selama 3 tahun 7 bulan.
Hasil persidangan pada hari ini, Terdakwa NU mengakui  kesalahannya  dan Hakim memutuskan Terdakwa NU terbukti bersalah dan oleh karenanya dijatuhi hukuman penjara selama 18 minggu.
Namun dikarenakan Terdakwa mengakui kesalahannya maka Hakim kemudian memberikan potongan hukuman selama 6 minggu dan mengingat Terdakwa  diproses hukum karena menyerahkan diri maka Hakim juga memberikan potongan penjara lagi selama 2 minggu sehingga Terdakwa NU hanya wajib untuk menjalani hukuman penjara selama 10 minggu.

Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong