Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Rabu, 05 Oktober 2016

BMI Didakwa karena Overstay

Persidangan dengan nomor kasus STCC 3793/2016 atas nama Terdakwa KA  (44 tahun) telah dilaksanakan pada hari  Rabu  tanggal  5 Oktober 2016 bertempat di Shatin Court.
Terdakwa KA pertama kali datang ke Hong Kong pada tahun 2012 dan sudah bekerja di Hong Kong selama 4 tahun dengan 2 majikan yang berbeda. Majikan terakhir berlokasi di daerah Tuen Mun dan bekerja selama 3 tahun.
Terdakwa KA diputus kontrak oleh majikannya pada tanggal 26 Juni 2016 dan pada tanggal 9 Juli 2016 Terdakwa KA telah mendapatkan majikan serta menanda tangani kontrak kerja yang diproses melalui sebuah Agen yang berada di Yuen Long.
Pada tanggal  5 September 2016 saat Terdakwa KA hendak keluar Hong Kong untuk pergi ke Macau dengan maksud untuk menunggu visa di Macau,  Terdakwa KA langsung dicekal oleh petugas Imigrasi dan dinyatakan bahwa Terdakwa telah melanggar peraturan KeImigrasian di Hong Kong yaitu telah overstay di Hong Kong selama 1,5 bulan.
Terdakwa KA kemudian  diminta untuk datang ke Kantor Imigrasi Kowloon Bay untuk dilakukan wawancara / diinterogasi lebih lanjut dan kemudian Terdakwa KA diminta untuk  menghadiri persidangan pada tanggal 5 Oktober 2016 di Shatin Court dimana yang bersangkutan didakwa telah melanggar peraturan Keimigrasian Hong Kong dikarenakan setelah Terdakwa di putus kontrak oleh majikan ternyata Terdakwa tidak segera meninggalkan Hong Kong hingga overstay selama 1, 5 bulan.
Hasil persidangan pada tanggal 5 Oktober 2016, Terdakwa KA telah mengakui  kesalahannya  sehingga Hakim kemudian memutuskan Terdakwa KA terbukti bersalah dan oleh karenanya dijatuhi hukuman penjara selama 2 minggu dengan masa percobaan selama 3 tahun, dimana saat ini Terdakwa KA  tidak perlu menjalani hukuman penjara namun dalam waktu 3 tahun Terdakwa KA  tidak diperbolehkan untuk melakukan pelanggaran atau berbuat kesalahan lagi. Apabila Terdakwa melakukan kesalahan yang baru dalam waktu 3 tahun, maka Terdakwa harus menjalani hukuman penjara selama 2 minggu ditambah dengan hukuman yang baru atas pelanggaran yang telah dilakukannya lagi.

Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong