Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Rabu, 16 November 2016

SUN Ditangkap dan Disidangkan akibat Jualan Kurma di Victoria Park

Persidangan Warga Negara Indonesia dengan nomor kasus ESCC 40463/2016 atas nama Terdakwa berinisial SUN  (36 tahun), telah dilaksanakan pada hari Rabu  tanggal 16 November  2016 bertempat di Eastern Court  lantai 6 court 2.
Terdakwa SUN  diajukan ke persidangan dengan dakwaan telah melakukan pelanggaran Keimigrasian di Hong Kong yaitu telah berjualan kurma di Victoria Park Hong Kong.
Adapun kronologis perkara dari Terdakwa  SUN pada pokoknya sebagai berikut :

  1. Pada tahun 2007 Terdakwa SUN  datang pertama kali  ke Hong Kong untuk bekerja sebagai domestic helper  dan bekerja selama 4 tahun dengan satu majikan.
  2. Pada tahun 2011 setelah Terdakwa SUN pulang ke tanah air, yang bersangkutan datang kembali ke Hong Kong untuk bekerja pada majikan yang berbeda dan masih  bekerja sampai dengan saat ini  ( kontraknya akan berakhir pada bulan September 2017 ) yang berlokasi di daerah Tsim Sha Tsui.
  3. Pada bulan Juni 2016 Terdakwa SUN bertemu dengan temannya yang menawarkan kerjasama dengan Terdakwa SUN untuk berjualan kurma dengan perjanjian  bahwa Terdakwa SUN akan menerima komisi apabila kurmanya bisa terjual.
  4. Pada bulan Juni 2016 di hari pertama  Terdakwa SUN  mulai berjualan ketika yang bersangkutan sedang melakukan transaksi jual beli  maka Terdakwa SUN beserta pembeli kurma  telah di tangkap oleh polisi  dan dibawa ke Kowloon Bay untuk di interogasi.
  5. Terdakwa SUN di tuduh telah melakukan pelanggaran peraturan Keimigrasian dan Terdakwa SUN pada awalnya tidak mengakui perbuatannya, sementara pembeli kurma mengakui bahwa dirinya sedang melakukan transaksi dengan Terdakwa SUN.

Hasil persidangan hari ini, Terdakwa SUN mengakui kesalahannya dan mengaku menyesal sehingga Hakim kemudian memutuskan bahwa Terdakwa SUN dinyatakan bersalah dan oleh karenanya diharuskan untuk  membayar denda sebesar HK$ 800 dimana denda tersebut  wajib dibayarkan  pada hari yang sama setelah persidangan selesai.

Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong