Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Selasa, 16 Mei 2017

Lupa Bayar Belanjaan, AA Ditangkap Polisi

Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa berinisial AA dengan nomor kasus STCC 1402 /2017 telah dilaksanakan pada hari Selasa  tanggal 16  Mei  2017 bertempat di Shatin  Court  lantai  3 court 1.
Terdakwa AA datang ke Hong Kong pada bulan Februari 2017  dan bekerja sebagai domestic helper dengan majikan yang berlokasi di  daerah Siu Sai Wan.
Pada tanggal 3 Mei 2017 Terdakwa diminta oleh majikannya untuk berbelanja beberapa barang kebutuhan di supermarket KAIBO. Pada kesempatan tersebut, Terdakwa berbelanja tepung dengan harga HKD 6 (enam Hong Kong dolar) dan  1 pak daging babi yang telah dibekukan dengan harga HKD 26 (dua puluh enam Hong Kong dollar), namun karena Terdakwa sibuk dengan telepon genggamnya sehingga Terdakwa AA lupa untuk membayar ke kasir dimana saat itu ada petugas supermarket KAIBO yang memperhatikan dan melihat Terdakwa AA keluar dan petugas langsung menahannya dan melaporkan ke kantor polisi Chaiwan.
Pada hari yang sama Terdakwa dibawa ke kantor polisi Chai Wan untuk dilakukan interogasi dan Terdakwa mengakui bahwa dirinya telah melakukan pencurian karena lupa untuk membayar belanjaannya di kasir. Terkait kasus tersebut, Terdakwa AA diizinkan bail out dengan uang jaminan sebesar HKD 300 (tiga ratus Hong Kong dollar) sampai menunggu hari persidangannya.
Pada persidangannya Terdakwa AA mengakui perbuatannya bahwa dirinya telah melakukan pencurian di supermarket KAIBO sehingga Hakim kemudian menyatakan bahwa Terdakwa AA telah bersalah dan oleh karenanya dijatuhi hukuman denda sebesar HKD 1000 (seribu Hong Kong dollar) dengan masa percobaan selama 12 bulan.  Dengan vonis tersebut maka Terdakwa AA  saat ini  tidak perlu untuk membayar denda sebesar HKD 1.000 (seribu Hong Kong dollar) namun Terdakwa AA tidak diperbolehkan untuk melakukan pelanggaran atau berbuat kesalahan lagi. Apabila Terdakwa melakukan kesalahan / pelanggaran yang baru dalam waktu 12  bulan, maka Terdakwa harus membayar denda sebesar HKD 1.000 (seribu Hong Kong dollar)  ditambah dengan hukuman yang baru atas pelanggaran yang telah dilakukannya tersebut. Namun demikian, terkait perkara ini Terdakwa AA tetap diwajibkan untuk membayar biaya pengadilan sebesar HKD 500 (lima ratus Hong Kong dollar).


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong