Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Senin, 10 Juli 2017

KJRI Hong Kong Ajak Peserta Jaksa Magang Lakukan Kunjungan Dinas ke Macau, 9 - 10 Juli 2017

Kunjungan Dinas ke Macau bersama dengan Peserta Program Jaksa Magang tersebut telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 9 Juli 2017. Pada kesempatan tersebut Peserta Program Jaksa Magang diajak untuk meninjau tempat pelayanan WNI di Macau yang dioperasionalkan oleh KJRI Hong Kong setiap hari Minggu, Selasa dan Kamis. Disamping itu Peserta Program Jaksa Magang juga diajak untuk meninjau Shelter KJRI Hong Kong yang digunakan untuk menampung sementara para WNI yang mengalami masalah di Macau.
Selanjutnya pada hari Senin tanggal 10 Juli 2017, Peserta Program Jaksa Magang yang berjumlah 6 (enam) orang juga diberikan kesempatan untuk ikut dalam kunjungan ke Rumah Tahanan Estabelecimento Prisional de Coloane Macau bersama-sama dengan Konjen RI Hong Kong, Konsul Kejaksaan, dan 2 (dua) orang staff. Kunjungan ke penjara tersebut  selain dimaksudkan sebagai sarana monitoring WNI yang bermasalah hukum di Macau juga dimaksudkan untuk mengenalkan kepada para Peserta Program Jaksa Magang terkait dengan sistem dan mekanisme Pemerintah Macau dalam menangani para tahanan maupun Narapidana khususnya yang berasal dari Indonesia yang saat ini berada di Penjara Macau ;
Adapun Tahanan / Narapidana WNI yang berada di Estabelecimento Prisional de Macau saat ini sebanyak 13 (tiga belas) orang, yang terdiri dari 9 (sembilan) orang perempuan dan 4 (empat) orang laki-laki dengan perincian tindak pidana sebagai berikut  :
Narkotika                                :      7    orang (3 perempuan dan 4 laki-laki)
Pencurian                                :      4    orang (4 perempuan)
Tindak Pidana Lainnya           :      2    orang (1 perempuan)
Jumlah                                   :    13    orang
Dalam kunjungan tersebut, KJRI Hong Kong telah memberikan 13 (tiga belas) botol Shampoo untuk para tahanan / narapidana.
Disamping itu pada kesempatan tersebut juga dilakukan dialog khususnya oleh Peserta Program Jaksa Magang dengan para tahanan dalam rangka mengetahui kondisi serta berbagai permasalahan yang mereka hadapi selama dalam tahanan seperti mengenai penerbitan SPLP untuk para tahanan yang akan segera menyelesaikan masa hukumannya melalui mekanisme parole dalam waktu dekat.
Berdasarkan pengamatan yang ada, secara umum kondisi para tahanan / narapidana dalam keadaan sehat dan baik serta diperlakukan secara wajar oleh pihak penjara di Macau.


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong