Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 14 Juli 2017

SE Didenda HKD 1.500 karena Terbukti Mencuri di Toko Pakaian

Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa SE (48 tahun asal Malang) telah dilaksanakan pada hari Jumat  tanggal  14  Juli  2017 bertempat di Pengadilan Eastern lantai  6 court 1.
Terdakwa SE pertama kali datang ke Hong Kong pada bulan Oktober 2015 dan bekerja sebagai domestic helper   dengan majikan di daerah Central  Hong Kong,  dimana kontrak kerjanya akan berakhir pada bulan Nopember 2017.
Terdakwa SE pada tanggal 16 Juni 2017 saat sedang liburan beserta dengan temannya berjalan di daerah Causeway Bay dan mampir disebuah toko pakaian di WINDSOR Building.
Pada kesempatan tersebut, teman dari Terdakwa SE terlebih dahulu pergi dikarenakan hendak menemui teman yang lainnya, sedangkan Terdakwa SE masih berada di toko pakaian tersebut dan menurut pengakuan dari Terdakwa SE bahwa benar dirinya telah memasukkan sepasang sepatu wanita hak tinggi yang berwarna hitam, 1 buah T-shirt berwarna hijau, sebuah celana warna hitam dan sebuah celana berwarna abu-abu ke dalam tas hitam yang dibawanya.
Tanpa disadari oleh Terdakwa SE, pada saat itu petugas keamanan yang bekerja di Windsor Building memperhatikan Terdakwa SE yang semula tas hitamnya tampak tidak membengkak namun setelah beberapa saat tas hitamnya itu menjadi besar dan penuh dengan barang-barang, sehingga Petugas menduga bahwa Terdakwa SE telah melakukan pencurian di toko tersebut, dan pada saat Terdakwa SE hendak meninggalkan WINDSOR Building, petugas menangkap dan melaporkan kepada Polisi setempat dan polisi menangkap serta membawanya ke kantor polisi.
Terdakwa SE  diinterview dan mengakui bahwa dirinya telah melakukan pencurian barang-barang tersebut yang nilai keseluruhannya sebesar HKD $ 616 (enam ratus enam belas Hong Kong dollar). Dalam perkara ini Terdakwa SE tidak dilakukan penahanan karena diizinkan untuk bail out dengan uang jaminan sebesar HKD 400 (empat ratus Hong Kong dollar) sambil menunggu hari persidangannya.
Adapun hasil persidangan pada hari ini, Terdakwa SE mengakui bahwa dirinya telah melakukan pencurian di toko pakaian di WINDSOR Building Hong Kong dan oleh karenanya Hakim kemudian memutuskan bahwa Terdakwa SE dinyatakan bersalah dan Hakim juga menjatuhkan hukuman kepada Terdakwa SE untuk membayar denda sebesar HKD 1.500 (seribu lima ratus Hong Kong dollar).


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong