Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Selasa, 01 Agustus 2017

KJRI Sampaikan Beberapa Permasalahan Tahanan WNI ke Pejabat Penjara Lo Wu

Kunjungan ke penjara Lo Wu Correctional Institution telah dilaksanakan oleh Tim Citizen Service KJRI Hong Kong yang dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal RI Hong Kong bersama dengan perwakilan Dharma Wanita Persatuan KJRI Hong Kong yang diterima langsung oleh Social Welfare pada hari Selasa tanggal 1 Agustus 2017.
Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Tim Citizen Service KJRI Hong Kong telah melakukan pertemuan dengan Warga Negara Indonesia yang sedang menjalani hukuman sebanyak 52 (lima puluh dua) orang dari 57 (lima puluh tujuh) orang narapidana yang diinformasikan pihak penjara. Pertemuan dibagi dalam 3 (tiga) sesi dimana pada sesi pertama bertemu dengan narapidana sebanyak 33 (tiga puluh tiga) orang dari 35 (tiga puluh lima) orang dikarenakan 2 (dua) orang tidak bersedia untuk menemui Tim. Selanjutnya pada sesi kedua bertemu dengan narapidana sebanyak 7 (tujuh) orang dari 9 (sembilan) orang dikarenakan1 (satu) orang tidak bersedia menemui Tim dan 1 (satu) orang lagi sedang berobat ke rumah sakit. Adapun pada sesi ketiga Tim bertemu dengan narapidana sebanyak 12 (delapan) orang dari 13 (sepuluh) orang dikarenakan 1 (satu) orang tidak bersedia untuk menemui Tim.
Adapun jumlah Warga Negara Indonesia yang bermasalah dengan hukum di penjara Lo Wu Correctional Institution sampai dengan saat ini terdiri dari narapidana sebanyak 57 orang.
Berdasarkan pendataan yang dilakukan terhadap WNI yang berada di Lo Wu Correctional Institution sesuai klasifikasi tindak pidana yang dilakukan adalah sebagai berikut :
NO
TINDAK PIDANA
NAPI
TAHANAN
JUMLAH
1
Narkotika
15
0
15
2
Pencurian
8
0
8
3
Pemalsuan Dokumen
4
0
4
4
ID Orang Lain
3
0
3
5
Paper Kerja
7
0
7
6
BOC (Overstay)
17
0
17
7
Lain-lain
3
0
3
TOTAL
57
0
57

Disamping itu dalam kunjungan tersebut, Tim Citizen Service telah memberikan barang berupa shampo, hand body dan lotion kepada seluruh WNI yang berada di Lo Wu Correctional Institution serta beberapa barang lainnya sesuai permintaan dari WNI pada kunjungan sebelumnya seperti novel, pensil warna, majalah, tissue dll.
Tim Citizen Service pada kesempatan tersebut juga memberikan konsultasi dan layanan pengaduan kepada WNI terkait dengan berbagai permasalahan seperti pelayanan pihak penjara serta berbagai keluhan lainnya selama menjalani masa hukuman di Lo Wu Correctional Institution. Selain itu Tim Citizen Service juga melakukan pendataan ulang terhadap identitas para WNI yang saat ini berada di penjara Lo Wu Correctional Institution.
Setelah pertemuan dengan para WNI yang berada di Lo Wu Correctional Institution tersebut selesai selanjutnya Konsul Jenderal RI Hong Kong juga bertemu dengan Pejabat Lo Wu Correctional Institution guna menyampaikan beberapa permasalahan / keluhan sebagaimana yang telah disampaikan oleh para tahanan WNI agar mendapatkan perhatian sebagaimana mestinya.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Tim Citizen Service KJRI Hong Kong, secara umum kondisi para WNI yang berada di Lo Wu Correctional Institution sehat dan baik serta diperlakukan secara wajar oleh pihak penjara.


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong