Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Rabu, 13 September 2017

Ambil Uang Orang Lain yang Tergeletak di ATM, RS Diadili

Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa berinisial RS (33 tahun asal Sragen) telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 September  2017 bertempat di Pengadilan Tuen Mun lantai 3 ruang sidang 1.
Terdakwa RS datang ke Hong Kong pada  tahun  2010   dan bekerja sebagai domestic helper. Saat ini Terdakwa RS masih bekerja  dengan majikan yang  berlokasi di daerah Ma On Shan dimana kontrak kerjanya baru akan berakhir pada bulan Maret 2019.
Pada  tanggal  26 Januari 2017 Terdakwa RS  pergi ke Bank Hang Seng yang berada disekitar rumah majikannya untuk melakukan transaksi di ATM dimana pada saat Terdakwa RS hendak melakukan transaksi  di ATM  tersebut terdapat uang kontan pada mesin ATM itu  sebesar HKD 1.500 (seribu lima ratus Hong Kong dollar) dan tanpa sepengetahuan siapapun Terdakwa RS telah mengambil uang kontan tersebut kemudian yang bersangkutan melanjutkan untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM tersebut.
Pada hari yang sama Mr. Wong telah melapor ke Kantor Polisi sekitar Bank Tersebut bahwa dirinya telah kehilangan uang di mesin ATM Bank Hang Seng sebesar HKD 1.500 (seribu lima ratus Hong Kong dollar), dimana setelah diselidiki melalui Petugas Bank dan melihat CCTV yang dipasang di dalam Bank tersebut, maka tampaklah  Terdakwa RS yang telah mengambil uang tersebut, sehingga berdasarkan keterangan dan data yang ada pada Bank tersebut maka Polisi kemudian datang untuk menangkap Terdakwa di rumah majikannya di Ma On Shan dengan tuduhan telah melakukan pencurian di ATM Bank Hang Seng  dengan jumlah sebesar HKD 1.500 (seribu lima ratus Hong Kong  dollar). Terdakwa RS langsung di bawa dan di interview di kantor polisi Ma On Shan, kemudian polisi mengizinkan untuk bail out dengan membayar jaminan sebesar HKD 2.000 (dua ribu  Hong Kong dollar) sambil menunggu sampai dengan hari persidangannya.
Hasil persidangannya telah dibacakan dakwaan bahwa Terdakwa RS telah melakukan pencurian di ATM Bank Hang Seng, dan Terdakwa RS mengakui perbuatannya sehingga Hakim kemudian memutuskan bahwa Terdakwa RS dinyatakan bersalah dan oleh karenanya Hakim memutuskan Terdakwa RS diwajibkan untuk mengembalikan uang kepada pemiliknya sebesar HKD 1.500 (seribu lima ratus Hong Kong dollar) serta membayar denda sebesar HKD 4.000 (empat ribu Hong Kong dollar).
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong