Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Rabu, 18 Oktober 2017

YL Ditangkap dan Disidang Karena Berjualan Tanpa Ijin


Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa berinisial YL (37 tahun asal Surabaya) telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2017 bertempat di Pengadilan Sha Tin lantai 6 ruang sidang 7.
Terdakwa YL  datang ke Hong Kong pada  tanggal 9 Januari 2015 dan bekerja sebagai domestic helper  dimana sampai dengan saat ini yang bersangkutan masih bekerja dengan majikan yang sama yang  berlokasi di daerah Tuen Mun.
Pada tanggal 15 Januari  2017 saat menikmati hari libur,  tiba tiba Terdakwa YL   ditangkap oleh Petugas Imigrasi di daerah Yuen Long  dengan tuduhan bahwa Terdakwa YL telah melanggar peraturan Keimigrasian di Hong Kong yaitu yang bersangkutan telah berjualan  makanan ringan  di depan Toko Bali  (toko Indonesia) tanpa izin yang sah mengingat Terdakwa YL  diizinkan berada di Hong Kong hanya untuk bekerja sebagai domestic helper, sehingga Terdakwa YL  kemudian di bawa ke Kantor Imigrasi Kowloon Bay untuk diperiksa dan di interview.  Selanjutnya Petugas Imigrasi mengizinkan Terdakwa YL untuk bail out dengan membayar uang jaminan sebesar HKD 100 (seratus Hong Kong dollar)  sampai tiba hari persidangannya.
Adapun hasil persidangan pada hari ini  telah dihadirkan saksi-saksi dan bukti foto yang menyatakan bahwa Terdakwa YL telah berjualan makanan ringan di depan toko Bali namun  Terdakwa YL tetap tidak mengakui dakwaannya bahwa dirinya telah melanggar peraturan Keimigrasian di Hong Kong. Meskipun terdakwa YL tidak mengaku namun Hakim berdasarkan alat bukti yang ada serta pernyataan dari saksi tetap menyatakan Terdakwa YL bersalah dan menjatuhkan hukuman kepada yang bersangkutan dengan pidana penjara selama 9 minggu. Atas putusan dari Hakim tersebut pihak Pengacara menyampaikan kepada Hakim akan mengajukan banding atas nama Terdakwa YL dan juga mengajukan bail out dengan uang jaminan sebesar HKD 1.000 (seribu Hong Kong dollar). Menanggapi permohonan dari pihak Pengacara tersebut Hakim menyetujuinya dan selanjutnya menetapkan bahwa sidang perkara atas nama Terdakwa YL akan ditransfer ke Distrik Court.

Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong