Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 03 November 2017

Akhirnya SW Divonis Hukuman 9 Bulan Akibat Jualan Secara Ilegal

Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa berinisial SW (49 tahun asal Jombang) telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 November 2017 bertempat di Pengadilan Shatin lantai  6  ruang sidang 7.
Terdakwa SW datang ke Hong Kong pada tanggal 12 Oktober 2005 untuk bekerja sebagai domestic helper dimana sampai saat ini Terdakwa SW masih bekerja dengan majikan yang sama  yang berlokasi di Tsuen Wan dan kontrak kerjanya akan berakhir pada tanggal 12 Oktober 2017.
Pada tanggal 28 Mei  2017 ketika sedang menikmati hari liburnya, Terdakwa SW di tangkap oleh Petugas karena dituduh telah melanggar Peraturan Keimigrasian di Hong Kong yaitu telah berjualan secara illegal di daerah Tsuen Wan. Pada hari yang sama  Terdakwa  SW dibawa ke Kantor Polisi Tsuen Wan untuk di interview dan di catat pernyataannya oleh petugas polisi dan selanjutnya Terdakwa SW di izinkan bail out dengan membayar uang jaminan sebesar HKD 700 (tujuh ratus Hong Kong dollar) sambil menunggu hari persidangannya.
Pada persidangan hari ini karena  Terdakwa SW tetap tidak mengakui perbuatannya, maka telah dihadirkan 3 orang saksi yaitu Polisi Pamong Praja yang mengamankan jalan dari pedagang kaki lima, Petugas Imigrasi Hong Kong yang menangkap dan Penerjemah yang membantu pada saat terdakwa SW ditangkap dan di interogasi oleh petugas Imigrasi.
Adapun hasil persidangan pada hari ini yaitu bahwa berdasarkan alat bukti yang telah diajukan di persidangan maka Hakim memutuskan Terdakwa SW dinyatakan bersalah, dan oleh karenanya yang bersangkutan dijatuhi pidana penjara selama  9 minggu  dengan masa percobaan selama 24 bulan.  Dengan vonis tersebut maka Terdakwa SW     tidak perlu menjalani hukuman penjara namun dalam waktu 24 bulan Terdakwa SW tidak diperbolehkan untuk melakukan pelanggaran atau berbuat kesalahan lagi. Apabila Terdakwa melakukan kesalahan / pelanggaran yang baru dalam waktu 24  bulan, maka Terdakwa harus menjalani hukuman penjara selama 9 minggu  ditambah dengan hukuman yang baru atas pelanggaran yang telah dilakukannya tersebut.
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong