Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 24 November 2017

BMI Ditangkap Karena Kerja Membantu Toko Majikan

Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa berinisial NL (23 tahun asal Indramayu dilaksanakan pada hari Jumat  tanggal 24  November  2017 bertempat di Pengadilan Sha Tin lantai  3  ruang sidang 1.
Terdakwa NL  datang ke Hong Kong pada  tanggal 27 Juli 2017  untuk bekerja sebagai domestic helper  dan Terdakwa NL bekerja dengan majikan yang berlokasi di Taipo.
Pada tanggal 21 November 2017 Polisi yang sedang berpatroli menangkap Terdakwa NL dengan dakwaan bahwa Terdakwa NL telah melanggar peraturan Keimigrasian Hong Kong yaitu telah bekerja di sebuah Toko sayuran milik majikannya dimana pada saat ditangkap Terdakwa NL sedang memindahkan sayuran dari satu tempat ke tempat yang lain.
Saat Polisi meminta Terdakwa NL untuk menunjukkan dokumen miliknya ternyata Terdakwa NL mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki dokumen apapun sebab menurut  pernyataan yang bersangkutan sejak datang ke Hong Kong dan bekerja dengan majikannya, dirinya tidak pernah memegang dokumen mengingat semua dokumen di tahan di agennya.
Pada hari yang sama Terdakwa NL langsung dibawa petugas ke Kantor Polisi di daerah Taipo  untuk diperiksa dan di interview.  Selanjutnya  Terdakwa NL  masih tetap ditahan di Kantor Polisi  Taipo untuk menunggu hari persidangannya.
Adapun hasil persidangan hari ini  hanya dibacakan dakwaan terhadap Terdakwa NL bahwa Terdakwa NL telah melanggar  Peraturan Keimigrasian  di Hong Kong dengan bekerja di sebuah Toko sayuran milik majikannya di daerah Taipo  tanpa izin yang sah dari Pemerintah Hong Kong. Hakim menyetujui permohonan bail out yang diajukan oleh Pengacara untuk Terdakwa NL dengan membayar uang jaminan sebesar HKD 5.000 (lima ribu Hong Kong dollar) yang dibayar oleh majikan.
Mengingat dokumen yang diterima oleh Jaksa Penuntut Umum dari Imigrasi Hong Kong belum lengkap maka Jaksa memohon agar persidangan dapat ditunda, dan Hakim menyetujui untuk menunda persidangan perkara atas nama Terdakwa NL sampai dengan tanggal 15 Desember 2017.  

Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong