Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Kamis, 09 November 2017

WU Overstay di Hong Kong, Ditangkap dan Diadili

Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa berinisial WU (49 tahun asal Kediri) telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 9 November 2017 bertempat di Pengadilan Sha Tin lantai 3 ruang sidang 1.
Terdakwa WU datang ke Hong Kong pertama kali pada  tahun 1992 untuk bekerja sebagai domestic helper  dan bekerja dengan majikan terakhir yang berlokasi di daerah  Shatin.
Pada tanggal 28 Juli 2017  yang merupakan batas izin visa kerja  Terdakwa WU  di Hong Kong ternyata Majikannya tidak memperpanjang kontrak kerjanya namun karena Terdakwa WU  masih ingin bekerja di Hong Kong maka yang bersangkutan masih tetap berada di Hong Kong sehingga akhirnya menjadi overstay selama 1 bulan.
Pada tanggal 28 Agustus 2017 Terdakwa WU ditangkap oleh Petugas Imigrasi yang sedang beroperasi di daerah Jordan mengingat yang bersangkutan tidak memiliki izin tinggal yang sah di Hong Kong sehingga Petugas Imigrasi kemudian membawa Terdakwa WU ke Kantor Imigrasi untuk diinterogasi dan diminta keterangan lebih lanjut. Setelah selesai pemeriksaan, Terdakwa WU diizinkan untuk bail out dengan membayar uang jaminan sebesar HKD 300 (tiga ratus Hong Kong dollar) dan Terdakwa WU diminta untuk menghadiri persidangan yang telah ditentukan oleh Imigrasi Hong Kong.
Pada persidangan hari ini Terdakwa WU  mengakui perbuatanya bahwa dirinya telah melanggar peraturan Keimigrasian di Hong Kong yaitu telah overstay selama 1 bulan di Hong Kong. Selanjutnya dikarenakan pada tanggal 31 Oktober 2017 Terdakwa WU telah mengajukan permohonan paper ke Imigrasi di Kowloon Bay dan hingga saat ini Jaksa Penuntut Umum masih belum menerima dokumen permohonan paper-nya dari Imigrasi Hong Kong maka Jaksa Penuntut Umum memohon kepada Hakim untuk menunda persidangan perkara atas nama Terdakwa WU tersebut. Atas permohonan Jaksa Penuntut Umum tersebut Hakim menyetujui untuk menunda persidangan perkara atas nama Terdakwa WU sampai dengan tanggal 7 Desember 2017.   

Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong