Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Jumat, 15 Desember 2017

BMI Ditangkap dan Diadili Karena Membantu Majikannya di Pasar


Persidangan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa berinisial NU (24 tahun asal Indramayu) telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 15 Desember 2017 bertempat di Pengadilan Sha Tin.
Terdakwa NU datang pertama kali ke Hong Kong pada bulan Juli tahun 2017 dan bekerja pada majikan yang tinggal di daerah Tai Po.
Pada tanggal 21 November 2017 ketika Terdakwa NU sedang membantu di tempat jualan sayur milik majikannya, yang bersangkutan telah ditangkap oleh Petugas karena dituduh telah melanggar Peraturan Keimigrasian di Hong Kong dengan bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan kontrak kerjanya yaitu membantu majikannya berjualan di pasar.
Kemudian pada hari yang sama Terdakwa NU dibawa ke Kantor Polisi Tai Po untuk diinterview dan dicatat pernyataannya oleh petugas polisi dan Terdakwa NU ditahan selama 3 hari sampai dengan hari persidangannya yang pertama yakni tanggal 24 November 2017 dengan agenda pembacaan dakwaan atas kesalahan yang telah dilakukan oleh Terdakwa NU.
Adapun hasil persidangan pada hari ini Hakim memutuskan bahwa Terdakwa NU telah terbukti melanggar peraturan Keimigrasian di Hong Kong yaitu telah bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan kontrak kerjanya dan oleh karenanya Hakim memutuskan Terdakwa NU dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara selama 6 minggu dengan masa percobaan selama 12 bulan. Dengan vonis tersebut maka Terdakwa NU tidak perlu menjalani hukuman penjara 6 minggu tersebut, namun dalam waktu 12 bulan  Terdakwa NU tidak diperbolehkan untuk melakukan pelanggaran atau berbuat kesalahan lagi. Apabila Terdakwa melakukan kesalahan / pelanggaran yang baru dalam waktu 12  bulan, maka Terdakwa harus menjalani hukuman penjara 6 minggu  ditambah dengan hukuman yang baru atas pelanggaran yang telah dilakukannya tersebut.
Selanjutnya mengingat Terdakwa NU selama proses persidangan ditampung di shelter KJRI dan menurut pengakuannya masih ada hak-haknya dengan majikan seperti gaji terakhir, uang lembur kerja di hari libur, uang terminate dan tiket maka kami mohon kiranya Fungsi terkait dapat menindaklanjuti dalam pengurusan hak-hak yang bersangkutan. Selain itu kami juga mengusulkan agar majikan dari Terdakwa NU dapat kiranya dimasukkan dalam daftar majikan yang di-blacklist.


Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong