Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Senin, 12 Maret 2018

BMI Overstay 7 Tahun Mendapat Hukuman 5 Bulan Penjara

Persidangan Warga Negara Indonesia atas Terdakwa berinisial WA (34 tahun kelahiran Temanggung)  telah dilaksanakan pada hari  Senin tanggal  12 Maret  2018  bertempat di Shatin Court lantai  3 court 2.

Terdakwa WA pertama kali  datang ke Hong Kong pada tahun 2006 dan telah  bekerja dengan beberapa  majikan dimana dengan majikan terakhir yang berlokasi di  daerah Tsuen Wan, yang bersangkutan bekerja sampai dengan bulan Desember 2010.

Semenjak keluar dari majikannya tersebut, Terdakwa WA tidak mendapatkan majikan baru dan Terdakwa WA masih tetap berada di Hong Kong hingga akhirnya overstay selama 7 tahun 2 bulan ;
Pada tanggal 7 Maret 2018 saat  Terdakwa WA sedang menunggu temannya di daerah Time Square Causeway Bay, Terdakwa WA di curigai oleh Polisi yang sedang berpatroli dan kemudian Terdakwa WA  ditangkap dan dibawa ke Kantor Polisi di Wan Chai untuk di interogasi lebih lanjut dikarenakan dari dokumen yang dimilikinya diketahui bahwa Terdakwa WA telah overstay selama 7 tahun 2 bulan di Hong Kong.

Terdakwa WA kemudian dipindahkan ke Kantor Imigrasi di Kowloon Bay untuk di interogasi oleh Imigrasi Hong Kong, dan selanjutnya Terdakwa WA sempat di tahan di Kantor Imigrasi Kowloon Bay untuk di bawa ke persidangan yang akan ditentukan oleh Imigrasi Hong Kong.


Adapun hasil persidangan hari ini, Terdakwa WA  telah mengakui kesalahannya bahwa dirinya telah melanggar Peraturan Keimigrasian di Hong Kong dan telah overstay di Hong Kong selama 7 tahun 2 bulan dan  oleh karenaya Hakim menyatakan bahwa Terdakwa WA dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman dengan pidana penjara selama 7 bulan. Mengingat Terdakwa WA mengakui dakwaan yang dituduhkan kepadanya maka Hakim juga menetapkan untuk memotong sepertiga dari hukuman yang telah ditetapkan selama 7 bulan sehingga   Terdakwa WA hanya wajib menjalani hukuman penjara selama 5 bulan.
              
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong