Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Kamis, 12 April 2018

BMI Menyerahkan Diri Setelah Hampir 2 Tahun Overstay



Tanggal 12 April 2018 telah dilaksanakan Persidangan Warga Negara Indonesia atas  Terdakwa HS  (37 tahun, kelahiran Sukabumi ),  bertempat di Shatin  Court  lantai  3 court 1. 

Terdakwa HS datang ke Hong Kong pertama kali pada  bulan Oktober tahun 2009  untuk bekerja sebagai domestic helper  dan bekerja dengan majikan yang berlokasi di daerah  Yau Ma Tei. Namun  pada bulan Desember  tahun 2010  majikan Terdakwa HS telah memutuskan kontrak kerja dengan Terdakwa HS namun karena  Terdakwa HS  masih berkeinginan untuk bekerja di Hong Kong  maka yang bersangkutan masih tetap berada di Hong Kong sehingga akhirnya menjadi overstay selama hampir 2 tahun.  
Pada bulan Desember  tahun 2012  Terdakwa HS  datang untuk menyerahkan diri ke Kantor Imigrasi Kowloon Bay, kemudian Terdakwa HS  diinterogasi dan diminta keterangan lebih lanjut. Setelah selesai pemeriksaan, Terdakwa HS diizinkan untuk bail out dengan membayar uang jaminan sebesar HKD 100 (seratus Hong Kong dollar) dan Terdakwa HS diminta untuk menghadiri persidangan yang telah ditentukan oleh Imigrasi Hong Kong. 

Terdakwa HS telah mengakui kesalahannya bahwa dirinya telah melakukan pelanggaran Keimigrasian di Hong Kong, dan selanjutnya Terdakwa HS mengajukan paper kepada Imigrasi Hong Kong. Hasil Persidangan pada hari ini, mengingat Terdakwa HS dengan kesadaran sendiri telah menyerahkan diri dan mengajui kesalahannya maka Hakim kemudian memutuskan bahwa Terdakwa HS dinyatakan bersalah dan oleh karenanya yang bersangkutan dijatuhi pidana penjara selama 16 hari dengan masa percobaan selama 12 bulan. 

Dengan putusan tersebut maka Terdakwa HS tidak perlu menjalani hukuman penjara namun dalam jangka waktu 12 bulan apabila yang bersangkutan melakukan pelanggaran lagi maka akan diberikan hukuman atas pelanggaran yang baru tersebut serta ditambah dengan hukuman yang ditunda selama masa percobaan
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong