Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI Hong Kong

Kamis, 19 April 2018

PMI Menang Sidang dan Batal Dipenjara setelah Dituduh Bekerja di Toko Majikan


Persidangan lanjutan Warga Negara Indonesia atas nama Terdakwa WNS (41 tahun, kelahiran Malang),  telah dilaksanakan pada hari Rabu  tanggal 18 April 2018 bertempat di Shatin Court lantai  3 court 2.


Agenda persidangan kali ini adalah pembacaan putusan dari Hakim setelah dalam persidangan sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 April telah dilakukan pemeriksaan terhadap para saksi, terdakwa maupun saksi yang meringankan dari pihak Terdakwa.
 

Sebagaimana telah disampaikan dalam laporan sebelumnya, Terdakwa WNS diajukan ke persidangan setelah yang bersangkutan ditangkap oleh petugas gabungan dari Departemen Tenaga Kerja dan Departemen Imigrasi Hong Kong pada tanggal 19 Oktober 2017 pada saat sedang berada di sebuah toko milik kakak majikannya yang letaknya tidak jauh dari rumah majikan. Terdakwa WNS pada saat itu ditangkap dengan tuduhan telah melakukan pelanggaran ijin tinggal karena bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan kontrak kerjanya.

Bahwa setelah mempertimbangkan seluruh keterangan yang disampaikan oleh para saksi, terdakwa maupun saksi meringankan serta seluruh barang bukti yang diajukan di persidangan maka Hakim memutuskan bahwa Terdakwa WNS dinyatakan tidak terbukti bersalah melakukan pelanggaran ijin tinggal di Hong Kong sehingga oleh karenanya yang bersangkutan DIBEBASKAN dari segala tuntutan. 


Salah satu pertimbangan utama dari Hakim yang membebaskan Terdakwa WNS yaitu bahwa yang bersangkutan tidak cukup bukti dinyatakan telah bekerja di toko tempat dimana dia ditangkap mengingat semua karyawan yang bekerja di toko tersebut menggunakan baju seragam dan sepatu boot sedangkan Terdakwa WNS pada saat ditangkap hanya mengenakan baju biasa dan memakai sandal.
Selamat Datang di Website Kejaksaan KJRI HongKong